Resep Ayam Goreng Tepung Saus Lemon Segar dan Lezat


Menu ayam goreng seperti ayam goreng tepung saus lemon ini memang bukanlah merupakan hidangan ayam goreng tradisonal atau resep asli Indonesia. Akan tetapi, ayam goreng tepung saus lemon ini merupakan salah satu hidangan yang di kembangkan dari aneka masakan ayam internasional yang resepnya berasal dari luar negri.

Resep Ayam Goreng Tepung Saus Lemon Segar dan Lezat

Tentu saja karena di Indonesia sendiri kini sudah semakin banyak koki-koki handal yang tentunya mampu mengembangkan masakan hingga dapat diterima di lidah orang-orang Indonesia. Salah satunya seperti hidangan ayam goreng tepung saus lemon ini. Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, maka inilah resep beserta cara membuatnya.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Tepung Saus Lemon

  • Dada ayam sebanyak 500 gram, kemudian potong lebar
  • Bawang putih sebanyak 2 siung kemudian haluskan (diulek)
  • Kecap inggris sebanyak 2 sendok makan
  • Garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Lada sebanyak 1/2 sendok teh
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Blambangan Khas Banyuwangi

Bahan Pelapis Ayam Goreng Tepung Saus Lemon

  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung sagu secukupnya

Bahan Saus Ayam Goreng Tepung Saus Lemon

  • Jeruk lemon sebanyak 1/2 buah (peras dan saring air sarinya)
  • Bawang putih sebanyak 2 siung, kemudian cincang
  • Bawang bombay sebanyak 1 buah, kemudian potong halus
  • Tepung sagu sebanyak 2 sendok makan, kemudian campurkan dengan sedikti air untuk penngental
  • Garam, gula, serta kaldu jamur secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Penyet Pedas Spesial

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Tepung Saus Lemon

  1. Pertama-tama campurkan bahan-bahan untuk campuran ayam yang telah disiapkan sebelumnya dalam sebuah wadah.
  2. Setelah itu, masukan ayam dan aduk hingga menyatu dengan bumbu lalu biarkan selama kurang lebih setengah jam agar bumbunya meresap.
  3. Sementara menunggu, siapkan bahan pelapis ayam seperti tepung terigu dan tepung sagu, masing-masing dalam sebuah wadah terpisah.
  4. Setelah waktu yang di tentukan, ambil ayam dan masukan satu persatu ke dalam tepung terigu kemudian dilanjutkan dengan memasukannya ke dalam tepung sagu. Lakukan cara tersebut pada seluruh sisa daging ayam.
  5. Langkah selanjutnya yakni panaskan wajan dan minyak goreng dengan jumlah yang lebih banyak. Setelah panas, goreng daging ayam yang telah di lumuri oleh tepung tadi dengan api kecil hingga matang dan berubah warna menjadi kekuningan. Angkat dan sisihkan.
  6. Setelah semua ayam tepung tersebut di goreng hingga matang, maka langkah selanjutnya adalah membuat saus lemon untuk siramannya.
  7. Panaskan kembali wajan namun dengan minyak goreng untuk menumis. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukan air perasan jeruk lemon dan aduk kembali beberapa saat.
  8. Tambahkan gula, garam, dan kaldu jamur secukupnya, sesuaikan rasanya dengan selera masing-masing. Setelah dirasa cukup, tuangkan air larutan tepung sagu dan aduk tumisan hingga matang dan teksturnya mengental. Angkat dan dinginkan.
  9. Dan langkah terakhir adalah menyajikan ayam goreng tepung tadi pada sebuah piring saji, kemudian siramkan saus lemon di atasnya. Ayam goreng tepung saus lemon ini paling tepat di hidangkan dengan nasi hangat.
Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuat hidangan ala resto seperti ayam goreng tepung saus lemon ini? Semua bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar kita serta harganya pun dapat dikatakan sangat terjangkau. Semoga varian resep ayam goreng tepung saus lemon di atas tadi dapat bermanfaat serta menambah koleksi resep masakan Anda semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Tepung Saus Lemon Segar dan Lezat :