Resep Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque yang Lezat


Satu lagi resep ayam goreng yang sudah mengalami modifikasi yakni resep ayam goreng crispy bumbu barbeque ini. Jika biasanya ayam goreng crispy hanya di hidangkan dengan saus sambal, maka berbeda dengan resep olahan ayam yang satu ini. Karena dalam resep ini, ayam goreng tepung yang dibuat di masak dengan saus barbeque yang lezat.

Resep Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque yang Lezat


Sudah terbayang bukan bagaimana rasanya? Tentunya rasa barbeque juga tidak harus dinikmati dalam bentuk makanan seperti spagheti saja, melainkan juga dapat dinikmati dalam variasi resep ayam goreng. Penasaran ingin mencobanya? Inilah resep ayam goreng crispy bumbu barbeque lengkap dengan cara pembuatannya.
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Kremes Tulang Lunak yang Lengkap

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque

  • Dada ayam sebanyak 1/2 kg
  • Tepung kobe secukupnya (netral atau pedas disesuaikan dengan selera)
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Cabai merah besar sebanyak 2 buah
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Bawang bombay sebanyak 1 buah
  • Bumbu barbeque merk Del Monte 1 bungkus
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Saus Lemon Segar dan Lezat

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque

  1. Pertama-tama cuci bersih terlebih dahulu dada ayam yang telah disiapkan. Setelah itu potong-potong dada ayam tersebut hingga menjadi 8 atau 12 bagian.
  2. Rendam ayam tersebut dengan larutan air garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk hingga merata lalu diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit.
  3. Selanjutnya, siapkan sebuah wadah kemudian masukan 2 butir telur yang telah disiapkan tadi lalu kocok hingga mengembang.
  4. Pada wadah lain, tuangkan tepung Kobe yang telah disiapkan dan sisihkan terlebih dahulu.
  5. Setelah 10 menit, masukan ayam pada kocokan telur dan aduk hingga seluruh permukaannya terlumuri oleh telur secara merata.
  6. Kemudian masukan ayam pada adonan tepung kobe dan gulingkan atau bolak-balik ayam hingga permukaannya tertutup sempurna oleh tepung kobe tersebut, lalu sisihkan pada sebuah wadah. Lakukan hal tersebut pada seluruh potongan ayam.
  7. Langkah selanjutnya yakni memanaskan wajan dengan minyak goreng dengan api kecil. Setelah minyak panas, goreng seluruh ayam tepung tadi hingga matang sempurna dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  8. Panaskan kembali wajan namun tanpa minyak goreng, kemudian tuangkan bumbu barbeque Del Monte secukupnya dan biarkan hingga panas. Setelah panas, tambahkan air sebanyak 1/2 gelas lalu aduk hingga merata. Namun jangan sampai terlalu cair/encer.
  9. Sementara menunggu, iris bawang merah dan bawang bombay, lalu cincang bawang putih hingga halus. Setelah bumbu tadi mendidih, masukan bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu. Aduk hingga merata.
  10. Setelah beberapa saat, tambahkan bawang bombay dan masak kembalii hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  11. Potong-potong terlebih dahulu cabai merah, kemudian masukan pada bumbu tersebut dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  12. Terakhir, masukan ayam goreng tepung yang telah di tiriskan tadi dan aduk bersamaan dengan saus barbeque yang dimasak tadi.
  13. Setelah beberapa saat dan di aduk hingga merata, angkat ayam goreng crispy bumbu barbeque tersebut lalu hidangkan dalam piring saji dan siap dinikmati.
Kendati membutuhkan waktu serta proses yang tidak sebentar, namun hasil diperoleh tentunya sebanding dengan citarasa dari masakan berbahan dasar ayam ini. Membuat hidangan ayam goreng tentu tidak harus selalu menggunakan resep yang konvensional saja, akan tetapi dapat membuat hidangan yang berbeda seperti contohnya ayam goreng crispy bumbu barbeque ini.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque yang Lezat :