Resep Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis yang Lezat


Hidangan resep olahan ayam seperti ayam goreng tepung saus asam manis ini memang dapat dikatakan cukup jarang ditemukan. Biasanya, hidangan masakan ayam ini hanya akan ditemukan di restoran-reastoran tertentu atau di prasmanan acara-acara resmi. Dan tentunya tidak sedikit juga yang meyukai hidangan ayam yang satu ini.

Resep Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis yang Lezat

Pasalnya selain rasanya yang segar namun tidak menghilangkan rassa gurih dari ayam ini memang dapat di konsumsi oleh hampir seluruh kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Jika Anda adalah salah seorang yang penasaran dengan resep yang satu ini, maka berikut ini adalah resep dan cara membuat ayam goreng tepung saus asam manis spesial.

Bahan-Bahan Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis

  • Daging ayam sebanyak 1/4 kg, ambil dagingnya saja tanpa tulang
  • Tepung terigu sebanyak 110 gram
  • Tepung maizena sebanyak 65 gram
  • Putih telur dari 1 butir telur, campurkan dengan air matang sebayak 350 ml
  • Bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak 1 sendok makan
  • Kunyit yang telah dihaluskan sebanyak 1/2 sendok teh
  • Jahe yang telah dihaluskan sebanyak 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Air perasan jeruk nipis dari 1/2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Khas Taiwan yang Renyah dan Gurih

Bahan untuk Membuat Saus Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis

  • Saus tomat sebanyak 7 sendok makan
  • Saus cabai sebanyak 7 sendok makan
  • Saus tiram sachet sebanyak 1/2 bungkus
  • Bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak 1/2 sendok makan
  • Bawang merah yang telah dihaluskan sebanyak 1/2 sendok makan
  • Cuka sebanyak 1 sendok makan, namun jika suka asam maka dapat menambahkannya hingga 2 sendok makan
  • Gula pasir, garam, dan penyedap rasa secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Rica-Rica Spesial

Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci ayam hingga bersih kemudian potong-potong kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, lumuri semua daging ayam dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat kemudian cuci kembali hingga bersih.
  2. Langkah selanjutnya yakni melumuri daging ayam dengan kunyit, bawang, dan jahe yang telah dihaluskan. Tambahkan juga garam dan bubuk merica lalu aduk kembai hingga semuannya tercampur rata. Setelah itu, simpan di dalam lemari es kurang lebih 2 hingga 3 jam.
  3. Saat ayam akan mendekati waktu yang di tentukan, maka siapkan bahan untuk pelapisnya. Untuk pelapis kering, siapkan tepung terigu dan tepung maizena kemudian campurkan dan aduk hingga rata. Tambahkan penyedap rasa, garam, dan merica bubuk ke dalam adonan pelapis kering tersebut lalu aduk kembali hingga tercampu rata. Sedangkan untuk bahan lapisan basahnya, Anda dapat mencapurkan putih telur dengan air kemudian kocok namun jangan sampai mengembang.
  4. Keluarkan ayam dari lemari es kemudian diamkan sejenak. Sambil menunggu, panaskan wajan dan minyak goreng untuk menggoreng ayam dalam jumlah yang cukup banyak. Sambil menuggu minyak panas, mulailah memasukan potongan ayam ke dalam adonan tepung pelapis dan luuri dengan daging hingga seluruh permukaannya tertutup oleh tepung. Setelah itu, masukan ke dalam adonan puti telur dan terakhir masukan kembali pada adonan tepung pelapis. Remas secara perlahan dan cubit bagian sisi-sisinya.
  5. Goreng seluruh ayam yang telah diberi adonan pelapis tersebut hingga matang dan warnanya berubah menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  6. Setelah itu, kini saatnya membuat saus untuk membuat ayam goreng tepung saus asam manis. Pertama, panaskan wajan dengan sedikit minyak lalu tumislah bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  7. Setelah itu, masukan garam, cuka, penyedap rasa, dan gula pasir, lalu aduk hingga merata. Masukan saus cabai, asus tomat, dan saus tiram, lalu aduk hingga merata. Kemudian langkah terakhir, buatlah sedikit air larutan tepung maizena untuk mengentalkan saus dan masukan pada tumisan bumbu tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan mengental, angkat dan tiriskan.
  8. Cara penyajiannya yakni, siapkan ayam goreng tepung tadi pada sebuah piring saji kemudian siramkan sausnya di atas ayam goreng tepung tersebut. Untuk bahan tambahan, Anda dapat menambahkan irisan tomat dan juga daun selada. Ayam goreng tepung saus asam manis hasil kreasi Anda siap dihidangkan.
Masakan berbahan dasar ayam memang sudah sangat beragam dan bermacam-macam. Bahkan menu ayam goreng pun kini sudah tersedia dalam berbagai macam resep dan hidangan yang berbeda-beda. Salah satunya seperti hidangan ayam goreng tepung saus asam manis spesial yang ini dan tentunya wajib Anda coba.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis yang Lezat :