Resep Ayam Goreng Tepung Mentega Spesial


Resep ayam goreng tepung mentega spesial mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu varian resep ayam goreng tepung yang juga banyak diminati. Sebenarnya mirip-mirip dengan ayam goreng saus mentega, namun perbedaannya terletak pada cara pengolahan ayamnya. Namun dapat dipastkan pada menu ayam goreng ini tekstur ayamnya lebih renyah dan garing.

Resep Ayam Goreng Tepung Mentega Spesial

Resep masakan dari ayam memang merupakan salah satu resep daging yang paling mudah dibuat. Dibandingkan dengan daging sapi atau daging kambing, daging ayam lebih ekonomis dan juga mudah diolah. Salah satu contohya seperti resep ayam goreng tepung mentega Spesial ini. Bagi anda yang ingin mencoba, maka inilah resep serta cara membuatnya.

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng Tepung Mentega Spesial

  • Daging ayam fillet sebanyak 350 gram
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Tepung bumbu sajiku golden crispy sebanyak 1 bungkus
  • Mentega sebanyak 3 sendok makan
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Bawang bombay sebanyak 1 buah
  • Cabai keriting sebanyak 2 buah
  • Cabai rawit hijau sebanyak 2 buah
  • Jeruk nipis sebanyak 1 buah
  • Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  • Saus tiram sebanyak 1 sendok makan
  • Garam dan lada secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak yang Menggoda dan Menggiurkan

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Tepung Mentega Spesial

  1. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencuci bersih ayam yang telah di potong dan di fillet sebelumnya. Setelah bersih, lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis juga taburi garam dan aduk hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Sementara menunggu ayam, Anda dapat memotong terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay serta cabai. Untuk bawang putih dapat di cincang halus sementara bawang merah di iris halus dan bawang bombay di iris kasar.
  3. Setelah kurang lebih 15 menit, ambil kembali ayam tadi dan cuci kembali hingga bersih lalu sisihkan terlebih dahulu.
  4. Siapkan tepung bumbu dan juga telur yang telah di kocok pada sebuah wadah. Setelah itu, masukan potongan ayam satu demi satu ke dalam tepung bumbu kemudian dilanjut dicelupkan pada kocokan telur dan masukan kembali pada tepung bumbu. Lakukan hingga semua ayam fillet tersebut habis.
  5. Langkah selanjutnya yakni panaskan wajan dengan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, goreng seluruh daging ayam yang telah diberi tepung tadi hingga matang dan berubah warnanya menjadi cokelat ke-emasan. Usahakan saat menggoreng, ayam terendam sempurna oleh minyak goreng. Angkat, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  6. Panaskan kembali wajan namun menggunakan mentega untuk menumis. Setelah panas, masukan seluruh bawang yang telah di iris dan tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  7. Setelah harum, tambahkan sedikit air dan tunggulah hingga airnya mendidih. Kemudian masukan saus tiram, lada, dan kecap manis, setelah air tersebut mendidih. Teruskan memasak hingga airnya mengental dan saus mentega pun matang.
  8. Untuk cara penyajian ada dua cara. Pertama, dapat menata terlebih dahulu ayam goreng tepung tadi pada piring saji kemudian disiram dengan saus mentega. Atau dapat juga dengan memasukan ayam goreng tepung ke dalam saus saat sudah matang dan mendidih tadi lalu di aduk hingga bercampur rata. Hidangkan dengan nasi hangat.
Coba Juga : Ayam Goreng Bumbu Bali Lezat Kaya Akan Rempah
Bagaimana, sangat mudah kan membuat ayam goreng tepung mentega spesial ini? Hidangan seperti ayam goreng memang selalu memiliki banyak varian resep. Selain mudah dikembangkan, banyaknya varian resep tersebut juga dapat menjadi alternatif lain saat bosan dengan menu yang biasa. Dan salah satu yang dapat dicoba adalah ayam goreng tepung mentega spesial ini.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Tepung Mentega Spesial :