Resep Ayam Goreng Pete Pedas yang Lezat dan Menggoda


Resep masakan dari ayam seperti ayam goreng pete pedas ini mungkin dapat menjadi salah satu resep alternatif lain untuk menu ayam goreng. Bagi Anda yang tengah bosan dengan resep olahan ayam seperti ayam goreng, maka dapat mencoba varian resep ayam goreng pedas yang di kombinasikan dengan petai ini.

Resep Ayam Goreng Pete Pedas yang Lezat dan Menggoda

Ya, dewasa ini resep ayam goreng sendiri memang sudah semakin banyak dikembangkan oleh berbagai kalangan. Sehingga variasi resep yang ada pada saat ini tidak akan membosankan untuk dinikmati. Terlebih hidangan seperti ayam goreng sendiri mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu hidangan favorit yang selalu disukai oleh banyak orang.

Dan jika ingin yang berbeda, maka dapat mencoba resep ayam goreng pete pedas yang satu ini. Kombinasi petai dengan citarasa pedas dan daging ayam tentunya akan menjadi kenikmatan tersendiri saat melahapnya. Penasaran dengan cara membuatnya? Inilah resep ayam goreng pete pedas lengkap dengan cara membuatnya.

Bahan-Bahan untuk Membuat Ayam Goreng Pete Pedas

  • Ayam sebanyak 1 ekor
  • Petai sebanyak 2 papan
  • Daun jeruk sebanyak 8 lembar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk Bumbu Ayam Goreng Pete Pedas

  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Jahe sebesar 6 cm
  • Jeruk lemon sebanyak 1/2 buah, usahakan menggunakan jeruk lemon import
  • Penyedap rasa secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial yang Lezat

Bahan untuk Bumbu Halus Ayam Goreng Pete Pedas

  • Bawang merah sebanyak 6 siung
  • Bawang putih sebanyak 8 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 30 biji, bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera

Bahan untuk Bumbu Pelengkap Ayam Goreng Pete Pedas

  • Lengkuas sebesar 6 cm, kemudian di geprek
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula putih secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Serundeng yang Gurih dan Crunchy

Cara Mengolah dan Memasak Ayam Goreng Pete Pedas

  1. Langkah pertama yakni membersihkan ayam hingga lendir dan lemaknya terbuang, setelah itu dapat Anda potong-potong sesuai dengan selera hingga menjadi beberapa bagian.
  2. Langkah kedua yakni menghaluskan bawang putih dan jahe yang disiapkan untuk bumbu ayam. Setelah halus, campurkan dengan perasan air jeruk lemon dan berikan penyedap rasa secukupnya.
  3. Selanjutnya, balurkan bumbu tersebut pada ayam yang telah di potong-potong hingga merata dan diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap sempurna.
  4. Setelah 15 menit, panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng seluruh ayam hingga kecokelatan. Angkat lalu tiriskan terlebih dahulu. Usahakan saat menggoreng, ayam terendam sempurna oleh minyak goreng.
  5. Langkah selanjutnya yakni membuat bumbu halus, dapat diulek menggunakan cobek atau dihaluskan menggunakan blender.
  6. Setelah bumbu halus jadi, panaskan kembali wajan namun dengan minyak secukupnya saja. Setelah panas, tumis bumbu halus tadi dan tambahkan bumbu pelengkap beserta daun jeruk hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukan petai dan masak selama kurang lebih 2 menit.
  7. Setelah mengeluarkan aroma yang berbeda, koreksi terlebih dahulu tumisan bumbu tersebut. Anda dapat menambahkan jika ada yang kurang hingga sesuai dengan selera lidah Anda. Setelah dirasa cukup, masukan ayam goreng tadi dan aduk hingga bercampur rata dengan semua tumisan bumbu tersebut.
  8. Masak selama kurang lebih 2 menit kemudian angkat dan hidangkan. Sajian ayam goreng petai ini lebih nikmat di hidangkan selagi hangat dengan nasi hangat. Anda juga dapat menambahkan daun selada dan irisan tomat sebagai bahan pelengkap.
Resep masakan ayam ini memang merupakan variasi dari ayam goreng yang sudah dikembangkan kembali dalam sebuah resep yang baru. Dengan begitu, para penikmat ayam goreng pun tidak akan bosan dengan menu yang monoton. Selamat mencoba dan berkreasi dengan varian resep ayam goreng pete pedas lezat yang satu ini.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Pete Pedas yang Lezat dan Menggoda :