Resep Ayam Goreng Crispy Pedas, Manis, dan Asam ala Korea


Masakan berbahan dasar ayam seperti ayam goreng crispy pedas ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda yang gemar menonton film Korea. Belakangan ini, budaya Korea sendiri memang tengah diminati oleh masyarakat di tanah air. Ternyata, tidak hanya film dan musik Korea saja yang peminatnya, namun jenis makanan Korea juga kini mulai banyak diminati.

Resep Ayam Goreng Crispy Pedas, Manis, dan Asam ala Korea

Salah satunya seperti ayam goreng crispy pedas ini, ayam goreng yang di lumuri dengan saus pedas, manis, dan asam ini memang kerap membuat rasa penasaran dan menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya. Daripada terus merasa penasaran, berikut ini adalah resep ayam goreng crispy pedas ala Korea yang dapat di coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Crispy Pedas

  • Ayam potong sebanyak 10 buah, dapat menggunakan sayap ayam
  • Jeruk ninpis sebanyak 1 buah, peras dan ambil airnya
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Tepung bumbu serbaguna secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Balado Spesial, Gurih dan Pedas

Bahan untuk Membuat Saus Ayam Goreng Crispy Pedas

  • Saus sambal sebanyak 4 sendok makan
  • Saus tomat sebanyak 3 sendok makan
  • Kecap inggris sebanyak 1 sendok makan
  • Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  • Mentega sebanyak 1 sendok makan
  • Garam sebanyak 1/4 sendok teh
  • Air masak sebanyak 2 sendok makan
  • Bubuk cabai secukupnya (bahan opsional, dapat digunakan atau tidak sesuai selera)
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Cabe Ijo Spesial, Pedas Menggugah selera

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Crispy Pedas ala Korea

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih ayam yang telah disiapkan. Setelah itu, lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah setengah jam, cuci kembali ayam tadi dan tiriskan terlebih dahulu.
  3. Setelah ayam di tiriskan, kemudian lumuri ayam dengan tepung bumbu serbaguna dan tekan-tekan agar tepung menempel sempurna kemudian biarkan terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya yakni panaskan wajan dan minyak goreng secukupnya menggunakan api sedang. Goreng ayam yang telah di lumuri tepung tadi dan usahakan terendam seluruhnya dengan minyak saat menggorengnya hingga matang lalu sisihkan. Jika ingin lebih renyah atau crunchy, maka gorenglah ayam dengan dua kali proses atau tahapan sesuai dengan cara di atas.
  5. Setelah ayam matang, maka kini saatnya membuat saus. Siapkan sebuah wajan bersih dan panaskan dengan api sedang (jika ada dapat menggunakan wajan anti lengket), setelah itu masukan seluruh bahan saus yang telah disiapkan (kecuali bubuk cabai) dan masak hingga semua bahan saus bercampur rata. Saat saus sudah matang biasanya teksturnya akan menjadi kental dan lengket serta mengeluarkan aroma yang harum.
  6. Langkah selanjutnya yakni masukan ayam goreng yang telah di sisihkan sebelumnya dan masak dengan saus tadi hingga matang dan tercampur rata. Cicipi terlebih dahulu untuk mengoreksi rasanya, dan dapat ditambahkan bumbu sesuai dengan selera jika dirasa masiih ada yang kurang. Selain itu, jika dirasa kurang pedas, maka dapat menambahkan bubuk cabai sesuai dengan selera masing-masing.
  7. Hidangkan ayam goreng crispy pedas ala Korea hasil kreasi Anda. Ayam goreng ini lebih nikmat dinikmati saat hangat, dan untuk Anda yang suka dengan wijen maka dapat menambahkan taburan wijen di atas ayam goreng crispy pedas ini.
Menu ayam goreng yang satu ini memang dapat dikatakan baru dikenal oleh sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya resep olahan ayam ini memang merupakan salah satu masakan khas Korea. Untuk Anda yang gemar menyantap kuliner dengan citarasa pedas, maka ayam goreng crispy pedas ala Korea ini akan menjadi salah satu hidangan yang tepat.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Crispy Pedas, Manis, dan Asam ala Korea :